Minggu, 12 Agustus 2012

Ide Aktivitas Kelas dengan Rhyme Mary Had a Little Lamb


Mary had A Little Lamb
The Rhyme:
MARY HAD A LITTLE LAMB

Mary had a little lamb,
Little lamb, little lamb,
Mary had a little lamb,
Its fleece was white as snow

And everywhere that Mary went,
Mary went, Mary went,
Everywhere that Mary went
The lamb was sure to go

It followed her to school one day
School one day, school one day
It followed her to school one day
Which was against the rules.

It made the children laugh and play,
Laugh and play, laugh and play,
It made the children laugh and play
To see a lamb at school

“Why does the lamb love Mary so?”
Love Mary so? Love Mary so?
“Why does the lamb love Mary so?”
The eager children cry

“Why, Mary loves the lamb, you know.”
Loves the lamb, you know, loves the lamb, you know
“Why, Mary loves the lamb, you know.”
The teacher did reply

Catatan:
Diperkirakan Mary Had a Little Lamb berasal dari Amerika. Rhyme ini pertama kali dipublikasikan sebagai puisi oleh Sarah Josepha Hale pada 24 Mei 1830 dan diperkirakan diciptakan berasarkan kejadian nyata.

Beberapa Ide Aktivitas Kelas:


Diskusikan setting rhyme ini: Where might Mary live?
Dari rhyme ini, apa yang bisa dipelajari mengenai hubungan binatang kesayangan ini dengan  Mary? Tanyakan kepada siswa: apa pendapat mereka jika seorang siswa membawa binatang kesayangan, misalnya anak domba,  ke sekolah. Kesempatan ini juga baik untuk membahas class rule. Biarlah anak-anak mendiskusikan sendiri class rule mereka.

Diskusikan kosakata baru: What is fleece? (the coat of wool covering a wool-bearing animal.)
Diskusikan simile, "its fleece was white as snow" (artinya its wool was very white).
Akan lebih menarik kalau bisa membawa boneka domba.
Juga menarik untuk membawa pakaian dari wool untuk memperkenalkan seluk beluk mengenai wool.
Siswa diminta untuk menemukan rhyming words: snow and go, rule and school, play and day.

Ciptakan bagan word family dengan akar kata 
-ow: snow, grow, blow, tow, row, know, low 
-ool: school, pool, drool, cool, tool, wool, stool 
-ule: mule, rule, yule
Tetapi hati-hati untuk memperkenalkan kata baru, gunakan kata-kata yang memang sering digunakan.

Mintalah siswa untuk mengubah rhyme dengan namanya sendiri dan binatang kesayangannya sendiri. Misalnya: Romy had a litle cat.

Kegiaan craft: 
Mintalah siswa menempelkan bola benang wool pada gambar anak domba. Dengan kegiatan ini Anda juga bisa memperkenalkan kata baru, seperti soft dan smooth. Anda juga meminta mereka mewarnai gambar Mary dan domba kecilnya. Atau mintalah siswa untuk melengkapi gambar Mary dan anak dombanya dengan pemandangan menurut imaginasi masing-masing anak.

Role play: mintalah siswa untuk memainkan peran dalam rhyme: satu siswa sebagai Mary dan siswa lain semabai lamb. Anda bisa meminta beberapa siswa lain untuk menjadi siswa-siswa di dalam kelas dan seorang siswa menjadi guru. Kembangkan dengan memasukkan nama-nama binatang lain dan mintalah siswa lain untuk memerankannya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar