Storyland 1
Penulis: Irene Overlack und Halka Lehmann
Ilustrasi oleh Marlit Peikert
The English version of this article, click here!
Diterbitkan: 2004
"Storytelling" merupakan pelengkap yang penting dan sangat bermanfaat bagi pelajaran bahasa Inggris yang hidup dan menyenangkan. Storyland 1 telah ditulis oleh para guru yang berpengalaman di dalam mengajar bahasa Inggris di sekolah dasar selama bertahun-tahun.
Alat tambahan seperti flash cards, poster (picture stories), lembar kerja (worksheets) dan nasihat didaktis akan membantu guru dalam merencanakan pelajaran mereka.
Rights sold: Indonesia
Storyland 2
10 cerita pendek untuk story telling dan reading dengan materi tambahan seperti flash cards, poster (picture stories) dan lembar kerjaThe English version of this article, click here!
Penulis: Irene Overlack und Halka Lehmann
Ilustrator: Marlit Peikert
Diterbitkan: 2005
Storytelling merupakan tradisi yang sama tuanya dengan umat manusia itu sendiri. Di sepanjang masa, kejadian-kejadian, anekdot-anekdot, dan cerita-cerita sudah diceritakan dan sekarang ini storytelling (bercerita) bisa didasarkan pada tradisi oral tradisional yang amat kaya.
Kemampuan listening (menyimak) dan understanding (memahami) diandaikan dan dilatih pada saat yang sama. Untuk proses belajar bahasa asing, listening merupakan kompetensi yang diperoleh sebelum speaking, reading, dan writing dan oleh sebab itu menjadi tujuan pertama pelajaran bahasa Inggris.
Storyland 1 + 2 selain melatih kemampuan listening juga memancing kemampuan membaca dan menulis. Selain itu cerita-cerita pendek mengajak anak mendekati budaya dan gaya hidup.
Cerita-cerita di dalam kedua buku ini berkaitan dengan topik-topik penting dalam kurikulum bahasa Inggris awal seperti numbers, colours, family, animals, days of the week, school things, seasons, dan lebih banyak lagi.
Apa yang membuat storytelling menarik dan efektif untuk pelajaran bahasa Inggris?
- Anak suka mendengarkan cerita dan mendapat inspirasi darinya.
- Cerita yang disampaikan dengan gambar (flash cards) mudah dipahami dan bahkan dalam bahasa asing. Menggunakan gambar sambil bercerita akan meningkatkan perhatian dan konsentrasi pendengarnya.
- Dengan bahasa repetitif di dalam cerita, kata-kata dan struktur-struktur kalimat akan dengan mudah diingat anak.
- Cerita bersifat santai, membangun kepercayaan diri, membangkitkan minat dan motivasi..
- Cerita-cerita memotivasi dan memicu berbagai aktivitas pembelajaran lainnya serta menawarkan akses alternatif kepada pembelajaran selain buku teks.
- Cerita bisa menjadi dasar bagai pembelajaran interdisipliner.
Rights sold:
Indonesia
Untuk versi bahasa Indonesia dari artikel ini, silakan klik di sini.
Related information:
Informasi lebih detil mengenai Early Bird bisa dilihat berikut ini:
Early Bird
Apakah Early Bird Itu?
EARLY BIRD: The complete English course for primary school grades 3 - 6
EARLY BIRD: Menjawab 3 Persoalan Utama Guru Bahasa Inggris
Beberapa komponen Early Bird:
...got it? EARLY BIRD Language Competence Checks
Storyland: Short Stories for Story Telling and Reading
Welcome to Our Play: 9 Plays for English Class at Primary School
Beberapa Panduan Mengajar Menggunakan Early Bird:
Memulai Pelajaran Bahasa Inggris
Early Bird Guide: First Steps (English version)
Early Bird Guide: First Steps (Indonesian version)
Early Bird Guide: Panduan Lanjutan
Birthday Presents
Learning English with Early Bird
Tidak ada komentar:
Posting Komentar