Kamis, 13 Juni 2013

Bagaimana Cara Guru Berbicara dalam Bahasa Inggris kepada Para Siswa?

Apakah Anda merasakan salah satu hal berikut ini:

"Saya enggan berbicara dalam bahasa Inggris karena anak-anak belum mengerti bahasa Inggris dan saya lebih suka mengatakan maksud saya dalam bahasa Indonesia."

"Adakalanya saya berdiri di depan kelas dan lupa hendak mengatakan apa. Sungguh memalukan."

"Apa yang perlu dipelajari oleh anak-anak dapat saya beritahukan terlebih dahulu. Tetapi dengan kemampuan bahasa Inggris mereka yang sangat terbatas hal itu sama sekali t idak mungkin."

"Walaupun saya menghafal daftar lengkap "classroom expressions", pada saat-saat tertentu masih ada saja yang kurang dalam bahasa Inggris saya."

Ungkapan-ungkapan di atas hanyalah beberapa yang sering dirasakan guru bahasa Inggris di sekolah dasar atau di bawahnya atau bahkan di sekolah lanjutan. Para guru bahasa Inggris dari berbagai jenjang dan jenis sekolah sering kurang berhasil menjalin komunikasi dalam kelas walaupun mereka telah menyelesaikan studinya dan lulus ujian bahasa Inggris yang sulit.

Mereka pun menyerah. Alasannya macam-macam, bahkan ada yang tidak berkaitan dengan pengalaman mengajar. Mereka mencoba untuk memaksakan bahasa dan budaya dalam dialog serta teks yang tidak sesuai dengan realitas dan tidak berhasil.

Birdie's way to classroom English
Birdie's way to classroom English
Untuk berhasil dalam "classroom discourse" atau "classroom expression" guru bahasa Inggris memerlukan latihan khusus secara sistematis. Dengan Birdie's way to classroom English Anda bisa mendapatkan pelatihan semacam itu. Di samping tersedia dalam bentuk teks tertulis, dalam buku, juga tersedia dalam bentuk audio, dalam CD, sehingga Anda akan bisa langsung mendengar contoh-contoh percakapan yang berlangsung di kelas yang dilakukan oleh native speaker.

Dengan  Birdie's way to classroom English, kelas bahas Inggris Anda yang menggunakan Early Bird akan menjadi lebih berhasil.


CD Birdie's way to classroom English
CD Birdie's way to classroom English



Baca juga:
Storyland: Kumpulan Cerita Pendek untuk Pengajaran Bahasa Inggris
Welcome to our play: 9 Drama Inggris untuk Sekolah Dasar
EARLY BIRD: The complete English course for primary school grades 3 - 6
Thematic Webbing Early Bird Paket Pengajaran Bahasa Inggris untuk SD Kelas 3-6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar